Satu Juta lebih pembangunan perumahan untuk rakyat miskin di era Ganjar

Admin

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah melakukan pembangunan perumahan untuk rakyat miskin yang sangat signifikan sejak ia menjabat pada tahun 2013. Pada tahun 2013, jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di Jawa Tengah mencapai 1,682 juta unit. Namun, pada tahun 2022, jumlah RTLH di Jawa Tengah telah berkurang menjadi 640.838 unit. Ini berarti bahwa jumlah RTLH di Jawa Tengah telah berkurang sebesar 61,9% selama masa kepemimpinan Ganjar Pranowo.

Penurunan jumlah RTLH di Jawa Tengah ini tidak terlepas dari berbagai program pembangunan perumahan yang telah digulirkan oleh Ganjar Pranowo. Program-program tersebut antara lain:

  • Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)
  • Program Tuku Lemah Oleh Omah (TLO)
  • Program Rumah Swadaya (RS)
  • Program Rumah Sederhana Sehat (RSS)
  • Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

Program-program tersebut telah berhasil memberikan bantuan perumahan kepada jutaan warga miskin di Jawa Tengah. Bantuan perumahan tersebut telah memberikan dampak positif bagi kehidupan warga miskin, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas hidup warga miskin
  • Meningkatkan kesehatan warga miskin
  • Meningkatkan produktivitas warga miskin
  • Meningkatkan kesejahteraan warga miskin

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat kemiskinan di Jawa Tengah telah mengalami penurunan yang signifikan selama masa kepemimpinan Ganjar Pranowo. Pada tahun 2013, tingkat kemiskinan di Jawa Tengah mencapai 13,28%. Namun, pada tahun 2022, tingkat kemiskinan di Jawa Tengah telah turun menjadi 9,24%. Ini berarti bahwa tingkat kemiskinan di Jawa Tengah telah turun sebesar 29,7% selama masa kepemimpinan Ganjar Pranowo.

Penurunan tingkat kemiskinan di Jawa Tengah ini tidak terlepas dari berbagai program pembangunan perumahan yang telah digulirkan oleh Ganjar Pranowo. Program-program tersebut telah memberikan bantuan perumahan kepada jutaan warga miskin di Jawa Tengah, yang telah meningkatkan kualitas hidup, kesehatan, produktivitas, dan kesejahteraan mereka.

Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembangunan perumahan untuk rakyat miskin di Jawa Tengah pada era Ganjar Pranowo telah memiliki korelasi yang positif dengan pengurangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Also Read

Leave a Comment